PROGRAM TAHUNAN
Mata Pelajaran : Al-Qur'an Hadis
Satuan Pendidikan : MA. MU'ALLIMIN NW ANJANI
Kelas / Program : XII ( Dua belas )
Tahun Pelajaran : Ganjil / 2011-2012
SMR | STANDAR KOMPETENSI | KOMPETENSI DASAR | ALOKASI WAKTU | KET |
G A N J I L |
|
2.1. Membaca dan mengartikan QS,At- Tahrim:6.QS,Thoha:132.QS,Al- An'am:70.QS,An-Nisa':36.QS,Hud:117-119 dan hadits tentang tanggung jawab manusia terhadap keluarga dan masyarakat. 2.2.Menjelaskan QS,At- Tahrim:6.QS,Thoha:132.QS,Al- An'am:70.QS,An-Nisa':36.QS,Hud:117-119 dan hadits tentang tanggung jawab manusia terhadap keluarga dan masyarakat. 2.3. Mengidentifikasi prilaku orang yang mengamalkan QS,At- Tahrim:6.QS,Thoha:132.QS,Al- An'am:70.QS,An-Nisa':36.QS,Hud:117-119 dan hadits tentang tanggung jawab manusia terhadap keluarga dan masyarakat. 2.4. Menerapkan rasa tanggung jawab manusia terhadap keluarga dan masyarakat yang terkandung dalam QS,At- Tahrim:6.QS,Thoha:132.QS,Al- An'am:70.QS,An-Nisa':36.QS,Hud:117-119 dan hadits tentang tanggung jawab manusia terhadap keluarga dan masyarakat. 3.1. Membaca dan mengartikan QS,Al-Ma'idah:8- 10.QS,An-Nahl:90-92.QS,An-Nisa'105-107- 108 dan hadits tentang berlaku adil dan jujur. 3.2. Menjelaskan isi kandungan yang terkandung dalam QS,Al-Ma'idah:8-10.QS,An- Nahl:90- 92.QS,An-Nisa'105-107-108 dan hadits tentang berlaku adil dan jujur. 3.3. Menerpkan dan menunjukan prilaku adil dan jujur yang terkandung dalam QS,Al-Ma'idah:8- 10.QS,An-Nahl:90-92.QS,An-Nisa'105-107-108 dan hadits tentang berlaku adil dan jujur.
| 4 Jam Pel
4 Jam Pel
6 Jam Pel
6 Jam Pel
6 Jam Pel
6 Jam Pel
2 Jam Pel
2 Jam Pel
2 Jam Pel |
Mengetahui, Kepala Madrasah | Anjani,............................. Guru Mata Pelajaran |
H. MOH. JAELANI, M.PdI NIY. 98. 98. 0025 |
M. RAMLI MAKSUM, QH.,S.PdI NIY. 98. 001. 0098 |
ANALISA PROGRAM SEMESTER
Nama madrasah : MA. MU'ALLIMIN NW ANJANI
Mata Pelajaran : Al-Qur'an Hadits
Kelas / Program : XII ( Dua Belas )
Semester / Tahun Pelajaran : Ganjil / 2011-2012
- JUMLAH JAM PELAJARAN PERMINGGU
Jumlah jam pelajaran = 2 jam pelajaran Per minggu
- PERHITUNGAN ALOKASI WAKTU
- Rincian Minggu dalam Semester
- Rincian Minggu dalam Semester
NO | BULAN | JUMLAH MINGGU | KETEANGAN |
1 | Juli | 4 Minggu | |
2 | Aagustus | 5 Minggu | |
3 | September | 5 Minggu | |
4 | Oktober | 4 Minggu | |
5 | November | 5 Minggu | |
6 | Desember | 5 Minggu | |
7 | Januari | 4 Minggu | |
JUMLAH | 32 Minggu |
- Banyak Minggu Yang Tidak Efektif
NO | BULAN | JUMLAH MINGGU | KETEANGAN |
1 | Juli | 2 Minggu | |
2 | Aagustus | 2 Minggu | |
3 | September | 2 Minggu | |
4 | Oktober | 2 Minggu | |
5 | November | - | |
6 | Desember | - | |
JUMLAH | 6 Minggu |
- Jumlah Minggu yang Efektif : 20 jam pelajaran
- Jumlah Jam Efektif : 22 x 2 jam pelajaran = 44 jam pelajaran
- Jumlah Bahan Pelajaran:
- Jumlah Pokok Bahasan : 6 pokok bahasan
- Jumlah Sub Pokok Bahasan : Disesuaikan
- Jumlah Pokok Bahasan : 6 pokok bahasan
- Penggunan Waktu Efektif
- Untuk Tatap Muka : 15 Munggu = 15 x 2 = 30 JP
- Untuk Ulangan Harian : 3 Munggu = 3x2 = 6 JP
- Untuk Ulangan Umum : 2 Minggu = 2x2 =4 JP
- Untuk Cadangan : 2 Minggu = 2 x 2 = 4 Jam Pelajaran
- Untuk Tatap Muka : 15 Munggu = 15 x 2 = 30 JP
- Catatan
Waktu cadangan akan dipergunakan untuk kegiatan remidial dan pengayaan
Mengetahui, Kepala Madrasah | Anjani,............................. Guru Mata Pelajaran |
H. MOH. JAELANI, M.PdI NIY. 98. 98. 0025 |
M. RAMLI MAKSUM, QH.,S.PdI NIY. 98. 001. 0098 |
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN [RPP]
NAMA MADRASAH : MA. MU'ALLIMIN NW ANJANI
MATA PELAJARAN : AL-QUR'AN HADITS
KELAS / SEMESTER : XII [duabelas] / I [ganjil]
ALOKASI WAKTU : 4 JAM PELAJARAN [2X TM ]
PERTEMUAN KE : 1 – 2 [satu – dua]
Standar Kompetensi : Mampu menerapkan ajaran al-Qur'an dan al-Hadits mengenai dakwah,tanggung jawab manusia dan kewajiban berlaku adil dan jujur.
Kompetansi Dasar : Menerapkan ajaran Al-Qur'an dan Hadis tentang dakwah
Indikator Hasil Belajar :
Setelah proses pembelajaran diharapkan siswa mampu :
- Membaca ayat tentang perintah dakwah dengan fasih
- Menerjemahkan ayat tentang perintah dakwah dengan benar
- Menjelaskan perbedaan dakwah pada masa rasul dan sesudahnya
- Menyimpulkan isi kandungan ayat tentang metode berdakwah
- Menulis ayat tentang perintah berdakwah dengan benar
- Tujuan Pembelajaran
Setelah proses pembelajaran peserta didik mampu mengenal kewajiban berdakwah
- Meteri Ajar
Awal perintah dakwah kepada Rasulullah SAW.
- Al-Qur'an surah.Asy-Syu'ara: 214-216;Q.S.al-Hijr: 94-96
- Mula-mula Rasulullah melakukan dakwahnya kepada kerabat keluarga dekat, kemudian keluarga jauh dan akhirnya kepada seluruh manusia;
- Rasulullah diperintahkan oleh Allah agar bersikap lemah lembut dan berlaku hormat serta rendah hati, mengasihi dan mencintai kepada orang-orang mukmin. Selanjutnya perintah ini juga ditujukan kepada kita ummat Nabi Muhammad.
- Allah memerintahkan kepada Nabi Muhammad agar menyampaikan ajaran Allah secara terang-terangan kepada kaum musrikin Mekkah
- MetodePembelajaran
ASSESSSEARCH ( Mencari Kesan ) : ini adalah teknik yang cukup menarik untuk menilai kelas dalam waktu yang cukup dan sekaligus melibatkan siswa sejak awal perrtemuan untuk saling mengenal dan bekerjasama dalam menjalani proses pembelajaran.
- Langkah Pembelajaran
- Kegiatan Awal
- Mengamati dan mengarahkan sikap siswa agar siap memulai pelajaran
- Mengawali pembelajaran dengan mengucapkan salam dan berdoa
- Melakukan tes penjajakan [pre-tes] dan mengidentifikasi keadaan siswa
- Mengingatkan pelajaran yang telah diterima dan mengaitkan pada pelajaran baru
- Penjelasan singkat tentang tujuan dan proses pembelajaran yang akan dijalani siswa
- Kegiatan Inti
- Membuat pertanyaan yang terkait dengan 1] pengetahuan siswa terhadap materi pembelajaran,2] sikap siswa terhadap pelajaran, 3] pengalaman siswa yang ada hubungannya terhadap pelajaran,4]keterampilan siswa yang telah di peroleh,5] latar belakang siswa,6] harapan yang didapat siswa dari pelajaran
- Membagi siswa menjadi kelompok-kelompok kecil terdiri dari tiga atau empat orang tergantung pada jumlah soal yang dibuat.
- Memberikan masing-masing siswa satu pertanyaan dan meminta masing-masing mereka untuk menginterview teman satu group untuk mendapatkan jawaban dari pertanyaan yang dia miliki
- Memastikan bahwa setiap siswa mempunyai pertanyaan yang sesuai dengan bagiannya. Dan meminta masing-masing kelompok untuk menyeleksi dan meringkas data yang ada.
- minta masing-masing kelompok untuk melaporkan hasil dari apa yang telah mereka pelajari dari temannya ke kelas.
- Kegiatan Akhir
- Memberikan penegasan dan menyimpulkan materi ajar yang sudah dipelajari
- Memberikan post tes untuk mengetahui hasil pembelajaran
- Memberikan tugas mandiri untuk mendalami materi ajar
- Alat/Bahan/Sumber Belajar
- Lembar peraga yang berisi peta konsep sesuai materi ajar
- Lembar peraga yang berisi sketsa penerapan konsep sesuai materi
- Buku Ajar / buku paket yang diterbitkan Depag Pusat Jakarta
- Buku referensi sesuai dengan mata perlajaran yang diajarkan
- Lembar Kegiatan Siswa "HIKMAH" Forum Guru Bina PAI.
- Lembar peraga yang berisi peta konsep sesuai materi ajar
- Penilaian
- Kognitif [Tes Lisan / Tulis]
- Kognitif [Tes Lisan / Tulis]
No | ITEM SOAL | Bobot | Catatan |
01 | Tulis ayat yang menunjukkan perintah dakwah | 3 | |
02 | Jelaskan isi kandungan ayat tentang perintah dakwah | 4 | |
03 | Jelaskan perbedaan dakwah pada masa Rasul dan sesudahnya | 4 | |
04 | Uraikan landasan berdakwah yang diajarkan al-Qur'an | 4 | |
05 | Deskripsi pandangan anda tentang tujuan berdakwah. | 5 |
b. Afektif [ Pengamatan Minat dan Sikap]
No | Nama Siswa | Aspek Penilaian Afektif | Jml Skor | Nilai | Catatan | |||
Respon | Disiplin | Kerja sama | Tuntas Tugas | |||||
01 | ||||||||
02 | ||||||||
03 | ||||||||
04 | ||||||||
05 | ||||||||
06 | ||||||||
07 | ||||||||
08 | ||||||||
09 | ||||||||
10 | ||||||||
11 | ||||||||
12 | ||||||||
13 | ||||||||
14 | ||||||||
15 | ||||||||
16 | ||||||||
27 | ||||||||
28 | ||||||||
29 | ||||||||
20 | ||||||||
21 | ||||||||
22 | ||||||||
23 | ||||||||
24 | ||||||||
25 | ||||||||
26 | ||||||||
27 | ||||||||
28 | ||||||||
29 | ||||||||
30 |
- Psikomotorik [Unjuk Kerja]
No | Nama Siswa | Aspek Penilaian Psikomotorik | Jml Skor | Nilai | Catatan Guru | |||
Penguasaan | Sistematika | Kecakapan | Mutu Karya | |||||
01 | ||||||||
02 | ||||||||
03 | ||||||||
04 | ||||||||
05 | ||||||||
06 | ||||||||
07 | ||||||||
08 | ||||||||
09 | ||||||||
10 | ||||||||
11 | ||||||||
12 | ||||||||
13 | ||||||||
14 | ||||||||
15 | ||||||||
16 | ||||||||
17 | ||||||||
18 | ||||||||
19 | ||||||||
20 | ||||||||
21 | ||||||||
22 | ||||||||
23 | ||||||||
24 | ||||||||
25 | ||||||||
26 | ||||||||
27 | ||||||||
28 | ||||||||
29 | ||||||||
30 |
Mengetahui, Kepala Madrasah | Anjani,............................. Guru Mata Pelajaran |
H. MOH. JAELANI, M.PdI NIY. 98. 98. 0025 |
M. RAMLI MAKSUM, QH.,S.PdI NIY. 98. 001. 0098 |
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN [RPP]
NAMA MADRASAH : MA. MU'ALLIMIN NW ANJANI
MATA PELAJARAN : AL-QUR'AN HADITS
KELAS / SEMESTER : XII [duabelas] / I [ganjil]
ALOKASI WAKTU : 4 JAM PELAJARAN [2X TM ]
PERTEMUAN KE : 3– 4 [tiga-empat]
Standar Kompetensi : Mampu menerapkan ajaran al-Qur'an mengenai dakwah,tanggung jawab manusia,kewajiban berlaku adil dan jujur.
Kompetansi Dasar : menganalisa hukum dan metode dakwah
Indikator Hasil Belajar :
Setelah proses pembelajaran diharapkan siswa mampu :
- Membaca ayat dan hadits tentang tatacara brdakwah
- Menerjemahkan ayat dan hadits tentang tatacara berdakwah
- Menguraikan tatacara berdakwah menurut Rasulullah
- Menunjukkan prilaku terpuji dalam berdakwah
- Menyimpulkan isi kandungan ayat dan hadits
- Tujuan Pembelajaran
Setelah proses pembelajaran peserta didik mampu mengenal kewajiban berdakwah
- Materi Ajar
Menyampaikan dakwah dengan lemah lembut
- Al-Qur'an surah Ali-Imran :159-160; hadits tentang perintah dakwah
- Hendaknya dakwah dijalankan dengan cara yang baik, lemah lembut dan membuat orang yang diseur tertarik dan menyenangi yang diserukan kepada mereka.
- Dakwah tidak boleh dijalankan dengan cara-cara yang kasar, kasar, atau membuat orang menjauhi ajakan. Namun apabila dalam keadaan terpaksa , tidak ada jalan lain dan tidak menimbulkan mudarat, maka cara-cara dakwah seperti ini diperbolehkan sehingga dan kemungkaran dapat dihentikan
- MetodePembelajaran
CRITICAL INCIDENT ( Pengalaman Penting ): metode ini digunakan untuk mengungkapkan pengalaman murid searah langsung terkait materi pembelajaran. Tujuan dari penggunaan metode ini adalah untuk melibatkan siswa sejak awal dengan melihat pengalaman nyata yang pernah dialami.
- Langkah Pembelajaran
1. Kegiatan Awal
- Mengamati dan mengarahkan sikap siswa agar siap memulai pelajaran
- Mengawali pembelajaran dengan mengucapkan salam dan berdoa
- Melakukan tes penjajakan [pre-tes] dan mengidentifikasi keadaan siswa
- Mengingatkan pelajaran yang telah diterima dan mengaitkan pada pelajaran baru
- Penjelasan singkat tentang tujuan dan proses pembelajaran yang akan dijalani siswa
2. Kegiatan Inti
- sampaikan kepada siswa topic atau materi yang akan dipelajari dalampertemuan ini
- beri kesempatan beberapa menit kepada siswa untuk mengingat-ingat pengalaman yang tidak terlupakan berkaitan denan materi yang akan dipelajari
- tanyakan kepada murit pengalaman apa yang berkesan dan tidak terlupakan
- beri kesempatan setiap siswa untuk menyampaikan pengalaman kepada siswa yang lain
- mintalah beberapa orang siswa untuk menceritakan pengalaman nyata yang dialami temannya
- jika dirasa sudah menemukan gambaran yang nyata, sampaikan pembelajaran dengan mengkaitkan pengalaman-pengalaman siswa dengan materi yang akan anda sampaikan.
3.Kegiatan Akhir
- Memberikan penegasan dan menyimpulkan materi ajar yang sudah dipelajari
- Memberikan post tes untuk mengetahui hasil pembelajaran
- Memberikan tugas mandiri untuk mendalami materi ajar
- Alat/Bahan/Sumber Belajar
- Lembar peraga yang berisi peta konsep sesuai materi ajar
- Lembar peraga yang berisi sketsa penerapan konsep sesuai materi
- Buku Ajar / buku paket yang diterbitkan Depag Pusat Jakarta
- Buku referensi sesuai dengan mata perlajaran yang diajarkan
- Lembar Kegiatan Siswa "HIKMAH" Forum Guru Bina PAI.
- Lembar peraga yang berisi peta konsep sesuai materi ajar
- Penilaian
- Kognitif [Tes Lisan / Tulis]
- Kognitif [Tes Lisan / Tulis]
No | ITEM SOAL | Bobot | Catatan |
01 | Tuliskan ayat dan hadits perintah dakwah dengan lemah lembut | 3 | |
02 | Jelaskan isi kandungan ayat tentang dakwah dengan kelembutan | 4 | |
03 | Uraikan bentuk-bentuk sikap lemah dalam dakwah | 4 | |
04 | Terangkan bentuk prilaku yang dilarang dalam berdakwah | 4 | |
05 | Jelaskan argumen berdakwah harus dengan kelembutan | 5 |
- Afektif [ Pengamatan Minat dan Sikap]
No | Nama Siswa | Aspek Penilaian Afektif | Jml Skor | Nilai | Catatan | |||
Respon | Disiplin | Kerja sama | Tuntas Tugas | |||||
01 | ||||||||
02 | ||||||||
03 | ||||||||
04 | ||||||||
05 | ||||||||
06 | ||||||||
07 | ||||||||
08 | ||||||||
09 | ||||||||
10 | ||||||||
11 | ||||||||
12 | ||||||||
13 | ||||||||
14 | ||||||||
15 | ||||||||
16 | ||||||||
27 | ||||||||
28 | ||||||||
29 | ||||||||
20 | ||||||||
21 | ||||||||
22 | ||||||||
23 | ||||||||
24 | ||||||||
25 | ||||||||
26 | ||||||||
27 | ||||||||
28 | ||||||||
29 | ||||||||
30 |
- Psikomotorik [Unjuk Kerja]
No | Nama Siswa | Aspek Penilaian Psikomotorik | Jml Skor | Nilai | Catatan Guru | |||
Penguasaan | Sistematika | Kecakapan | Mutu Karya | |||||
01 | ||||||||
02 | ||||||||
03 | ||||||||
04 | ||||||||
05 | ||||||||
06 | ||||||||
07 | ||||||||
08 | ||||||||
09 | ||||||||
10 | ||||||||
11 | ||||||||
12 | ||||||||
13 | ||||||||
14 | ||||||||
15 | ||||||||
16 | ||||||||
17 | ||||||||
18 | ||||||||
19 | ||||||||
20 | ||||||||
21 | ||||||||
22 | ||||||||
23 | ||||||||
24 | ||||||||
25 | ||||||||
26 | ||||||||
27 | ||||||||
28 | ||||||||
29 | ||||||||
30 |
Mengetahui, Kepala Madrasah | Anjani,............................. Guru Mata Pelajaran |
H. MOH. JAELANI, M.PdI NIY. 98. 98. 0025 |
M. RAMLI MAKSUM, QH.,S.PdI NIY. 98. 001. 0098 |
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN [RPP]
NAMA MADRASAH : MA. MU'ALLIMIN NW ANJANI
MATA PELAJARAN : AL-QUR'AN HADITS
KELAS / SEMESTER : XII [duabelas] / I [ganjil]
ALOKASI WAKTU : 6 JAM PELAJARAN [3X TM ]
PERTEMUAN KE : 5 – 7 [lima-tujuh]
Standar Kompetensi : Mampu memperapkan ajaran Al-Qur'an mengenai dakwah, tanggung jawab manusia, kewajiban berlaku adil dan jujur.
Kompetansi Dasar : Menerapkan sikap bertanggung jawab terhadap diri, keluarga dan masyarakat
Indikator Hasil Belajar :
Setelah proses pembelajaran diharapkan siswa mampu :
- Membaca ayat dan hadits kewjidan pada diri dan keluarga
- Menerjemahkan ayat dan hadits kewjidan pada diri dan keluarga
- Menulis ayat dan hadits kewjidan pada diri dan keluarga
- Menyimpulkan ayat tentang kewjidan pada diri dan keluarga
- Menunjukkan prilau tanggung jawab terhadap diri dan keluarga
- Menguraikan hikmah bertanggung jawab pada diri dan keluarga.
- Tujuan Pembelajaran
Setelah proses pembelajaran peserta didik mampu menerapkan sikap bertanggung jawab, berlaku adil dan jujur terhadap diri, keluarga dan masyarakat.
- Meteri Ajar
Kewajiban terhadap diri dan keluarga
- Al-Qur'an surat at-Tahrim : 6; .Q.S Thaha:132; Hadits tentang tanggung jawab manusia
- Allah memerintahkan kepada orang-orang mukmin, terutama kepada orang tua untuk menjaga dirinya sendiri,keluarga dan anaknya dari api neraka, dengan mengerjakan perintah Allah dan meninggalkan larangan-Nya,serta mendidik mereka dengan didikan yang baik, berbudi yang luhur dan berilmu yang bermamfaat.
- Setiap orng beriman hendaknya jangan terpedaya oleh kesenangan dan kenikmatan kehidupan dunia belaka,tetapi hendaknya menjadikan dunia sebagai jenjang menuju kebahagiaan akhirat.
- MetodePembelajaran
QUESTIONS STUDENTS HAVE ( Pertanyaan Siswa ): metode ini merupakan metode yang tidak menakutkan yang dapat dipakai untuk mengetahui kebutuhandan arapan siswa. Metode ini lebih persuasive dalam memperoleh partisipasi siswa secara tertulis,untuk menanyakan segala hal yang belum diketahuiterkait dengan topic pembelajaran. Melalui metode ini pendidik tahu pasti kebutuhan siswa dalam mengikuti proses pembelajaran.
- Langkah Pembelajaran
- Kegiatan Awal
a. Mengamati dan mengarahkan sikap siswa agar siap memulai pelajaran
- Mengawali pembelajaran dengan mengucapkan salam dan berdoa
- Melakukan tes penjajakan [pre-tes] dan mengidentifikasi keadaan siswa
- Mengingatkan pelajaran yang telah diterima dan mengaitkan pada pelajaran baru
- Penjelasan singkat tentang tujuan dan proses pembelajaran yang akan dijalani siswa
- Kegiatan Inti
a) Bagikan potongan-potongan kertas (ukuran kartu pos) kepada semua siswa diawal pembelajaran
- Minta setiap siswa untuk menuliskan satu pertanyaan yang berkait dengan pelajaran, atau yang berhubungan dengan kesulitan belajarnya (tidak perlu mrnuliskan nama)
- Setelah semua selesai membuat pertanyaan, minta masing-masing untuk memberikan kepada teman disamping kirinya. Dalam hal ini jika posisi duduk siswa adalah lngkaran, nantinya akan terjadi gerakan perputaran kertas searah jarum jam. Jika posisi duduk berderet, sesuaikan dengan posisi mereka asalkan semua siswa dapat giliran membaca untuk membaca pertanyaan dari teman-temannya
- pada saat menerima kertas dari temannya di sampingnya, maka diminta untuk membaca pertanyaan yang ada. Jika pertanyaan itu juga ingin dia ketahui jawabannya, maka ia harus memberi tanda centang ( V )jika tidak berikan langsung kepada teman disamping kanannya
- ketika kertas pertanyaan tadi kembali kepada pemiliknya, siswa diminta untuk menghitung tanda centang yang ada pada kertasnya. Pada saat itu carilah pertanyaan yang mendapat tanda centang paling banyak.
- selanjutnya pendidik memberikan ulasan secara mandalam pada pertanyaan yang mendapatkan tanda centang dari yang terbanyak.
- jika waktu singkat, minta beberapa orang siswa untuk membacakan pertanyaan yang dia tulis meskipun tidak mendapatkan tanda centang yang banyak kemudian beri jawaban.
- kumpulkan semua kertas. Besar kemungkinan ada pertanyaan-pertanyaan yang akan dibahas pada pertemuan berikutnya.
3. Kegiatan Akhir
- Memberikan penegasan dan menyimpulkan materi ajar yang sudah dipelajari
- Memberikan post tes untuk mengetahui hasil pembelajaran
- Memberikan tugas mandiri untuk mendalami materi ajar
- Alat/Bahan/Sumber Belajar
- Lembar peraga yang berisi peta konsep sesuai materi ajar
- Lembar peraga yang berisi sketsa penerapan konsep sesuai materi
- Buku Ajar / buku paket yang diterbitkan Depag Pusat Jakarta
- Buku referensi sesuai dengan mata perlajaran yang diajarkan
- Lembar Kegiatan Siswa "HIKMAH" Forum Guru Bina PAI.
- Lembar peraga yang berisi peta konsep sesuai materi ajar
- Penilaian
- Kognitif [Tes Lisan / Tulis]
- Kognitif [Tes Lisan / Tulis]
No | ITEM SOAL | Bobot | Catatan |
01 | Tuliskan ayat tentang tanggung jawab terhdap diri dan keluarga | 3 | |
02 | Tejemahkan ayat tanggung jawab terhadap diri dan keluarga | 4 | |
03 | Simpulkan ayat tanggung jawab terhadap diri dan keluarga | 4 | |
04 | Uraikan jenis prilaku tanggung jawab terhadap diri dan keluarga | 4 | |
05 | Terangkan hikmah tanggung jawab terhadap diri dan keluarga | 5 | |
- Afektif [ Pengamatan Minat dan Sikap]
No | Nama Siswa | Aspek Penilaian Afektif | Jml Skor | Nilai | Catatan | |||
Respon | Disiplin | Kerja sama | Tuntas Tugas | |||||
01 | ||||||||
02 | ||||||||
03 | ||||||||
04 | ||||||||
05 | ||||||||
06 | ||||||||
07 | ||||||||
08 | ||||||||
09 | ||||||||
10 | ||||||||
11 | ||||||||
12 | ||||||||
13 | ||||||||
14 | ||||||||
15 | ||||||||
16 | ||||||||
27 | ||||||||
28 | ||||||||
29 | ||||||||
20 | ||||||||
21 | ||||||||
22 | ||||||||
23 | ||||||||
24 | ||||||||
25 | ||||||||
26 | ||||||||
27 | ||||||||
28 | ||||||||
29 |
- Psikomotorik [Unjuk Kerja]
No | Nama Siswa | Aspek Penilaian Psikomotorik | Jml Skor | Nilai | Catatan Guru | |||
Penguasaan | Sistematika | Kecakapan | Mutu Karya | |||||
01 | ||||||||
02 | ||||||||
03 | ||||||||
04 | ||||||||
05 | ||||||||
06 | ||||||||
07 | ||||||||
08 | ||||||||
09 | ||||||||
10 | ||||||||
11 | ||||||||
12 | ||||||||
13 | ||||||||
14 | ||||||||
15 | ||||||||
16 | ||||||||
17 | ||||||||
18 | ||||||||
19 | ||||||||
20 | ||||||||
21 | ||||||||
22 | ||||||||
23 | ||||||||
24 | ||||||||
25 | ||||||||
26 | ||||||||
27 | ||||||||
28 | ||||||||
29 | ||||||||
30 |
Mengetahui, Kepala Madrasah | Anjani,............................. Guru Mata Pelajaran |
H. MOH. JAELANI, M.PdI NIY. 98. 98. 0025 |
M. RAMLI MAKSUM, QH.,S.PdI NIY. 98. 001. 0098 |
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN [RPP]
NAMA MADRASAH : MA. MU'ALLIMIN NW ANJANI
MATA PELAJARAN : AL-QUR'AN HADITS
KELAS / SEMESTER : XII [duabelas] / I [ganjil]
ALOKASI WAKTU : 6 JAM PELAJARAN [3X TM ]
PERTEMUAN KE : 8 – 10 [delapan-sepuluh]
Standar Kompetensi : Mampu memperapkan ajaran Al-Qur'an mengenai dakwah, tanggung jawab manusia, kewajiban berlaku adil dan jujur.
Kompetansi Dasar : Menerapkan sikap bertanggung jawab terhadap diri, keluarga dan masyarakat
Indikator Hasil Belajar :
Setelah proses pembelajaran diharapkan siswa mampu :
- Membaca ayat tentang tanggung jawab dalam hidup bermasyarakat
- Menerjemahkan ayat tentang tanggung jawab dalam hidup bermasyarakat
- Menulis ayat tentang tanggung jawab dalam hidup bermasyarakat
- Menyimpulkan isi ayat tentang tanggung jawa hidup bermasyarakat
- Menunjukkan prilau tanggung jawab terhdap hidup bermasyarakat
- Menguraikan hikmah tanggung jawab dalam hidup bermasyarakat
- Tujuan Pembelajaran
Setelah proses pembelajaran peserta didik mampu menerapkan sikap bertanggung jawab, berlaku adil dan jujur terhadap diri, keluarga dan masyarakat.
- Materi Ajar
Tanggung jawab dalam kehidupan sosial masyarakat
- Al-Qeu'an surah al-an-am: 70; Q.S an-Nisa:36; Q.S Hud: 117
- Allah mewaujibkan semua manusia untuk menyembah dan beribadah kepadaNya
- Adanya larangan mempersekutukan Allah dengan sesuatu ( Asy-Syrik)
- Perintah berbuat baik kepada kedua orang tua, karib kerabat, anak-anak yatim, orang-orang miskin, tetangga,teman sejawat, Ibnu sabil, dan hamba sahaya.
- Dilarang menjadi orang sombong,takabur,dan suka membanggakan diri.
- MetodePembelajaran
ACTIVE KNOWLEDGE SHARING ( Saling Tukar Penetahuan ): metode ini dapat membawa siswa untuk siap untuk pelajaran secara cepat. Metode ini dapat digunakan untuk melihat tingkat kemampuan siswa disamping untuk membentuk kerjasama tim. Metode ini dapat dilakukan pada hamper semua mata pelajaran, karena dapat dilakukan dengan mudah dan epektif diterapkan.
- Langkah Pembelajaran
1.Kegiatan Awal
- Mengamati dan mengarahkan sikap siswa agar siap memulai pelajaran
- Mengawali pembelajaran dengan mengucapkan salam dan berdoa
- Melakukan tes penjajakan [pre-tes] dan mengidentifikasi keadaan siswa
- Mengingatkan pelajaran yang telah diterima dan mengaitkan pada pelajaran baru
e. Penjelasan singkat tentang tujuan dan proses pembelajaran yang akan dijalani siswa
- Kegiatan Inti
a) buatlah pertanyaan-pertanyaan yang berkaitan dengan pelajaran yang akan dipelajari
- minta siswa untuk menjawab dengan sebaik-baiknya pertanyaan yang sudah diberikan
- minta semua siswa berkeliling mencari teman yang dapat membantu menjawab pertanyaan
- tekankan semua siswa untuk saling membantu dalam menjawab pertanyaan
- minta siswa untuk kembali duduk, kemudian periksa jawabannya
- jawablah pertanyaan-pertanyaan yang tidak bisa dijawab oleh kebanyakan siswa
- gunakan jawaban siswa sebagai jembatan untuk mengenalkan materi lebih mendalam
- mintalah beberapa orang siswa untuk mengungkapkan kembali materi yang menarik
3.Kegiatan Akhir
- Memberikan penegasan dan menyimpulkan materi ajar yang sudah dipelajari
- Memberikan post tes untuk mengetahui hasil pembelajaran
- Memberikan tugas mandiri untuk mendalami materi ajar
- Alat/Bahan/Sumber Belajar
1) Lembar peraga yang berisi peta konsep sesuai materi ajar
- Lembar peraga yang berisi sketsa penerapan konsep sesuai materi
- Buku Ajar / buku paket yang diterbitkan Depag Pusat Jakarta
- Buku referensi sesuai dengan mata perlajaran yang diajarkan
- Lembar Kegiatan Siswa "HIKMAH" Forum Guru Bina PAI.
- Lembar peraga yang berisi sketsa penerapan konsep sesuai materi
- Penilaian
- Kognitif [Tes Lisan / Tulis]
- Kognitif [Tes Lisan / Tulis]
No | ITEM SOAL | Bobot | Catatan |
01 | Bacalah ayat tentang tanggung jawab dalam bermasyarakat | 3 | |
02 | Terjemahkan ayat tentang tanggung jawab dalam bermasyarakat | 4 | |
03 | Tuliskan ayat tentang tanggung jawab dalam bermasyarakat | 4 | |
04 | Jelaskan bentuk prilaku tanggung jawab dalam bermasyarakat | 4 | |
05 | Uraikan hikmah sikap tanggung jawab dalam bermasyarakat | 5 |
- Afektif [ Pengamatan Minat dan Sikap]
No | Nama Siswa | Aspek Penilaian Afektif | Jml Skor | Nilai | Catatan | |||
Respon | Disiplin | Kerja sama | Tuntas Tugas | |||||
01 | ||||||||
02 | ||||||||
03 | ||||||||
04 | ||||||||
05 | ||||||||
06 | ||||||||
07 | ||||||||
08 | ||||||||
09 | ||||||||
10 | ||||||||
11 | ||||||||
12 | ||||||||
13 | ||||||||
14 | ||||||||
15 | ||||||||
16 | ||||||||
27 | ||||||||
28 | ||||||||
29 | ||||||||
20 | ||||||||
21 | ||||||||
22 | ||||||||
23 | ||||||||
24 | ||||||||
25 | ||||||||
26 | ||||||||
27 | ||||||||
28 | ||||||||
29 | ||||||||
30 |
- Psikomotorik [Unjuk Kerja]
No | Nama Siswa | Aspek Penilaian Psikomotorik | Jml Skor | Nilai | Catatan Guru | |||
Penguasaan | Sistematika | Kecakapan | Mutu Karya | |||||
01 | ||||||||
02 | ||||||||
03 | ||||||||
04 | ||||||||
05 | ||||||||
06 | ||||||||
07 | ||||||||
08 | ||||||||
09 | ||||||||
10 | ||||||||
11 | ||||||||
12 | ||||||||
13 | ||||||||
14 | ||||||||
15 | ||||||||
16 | ||||||||
17 | ||||||||
18 | ||||||||
19 | ||||||||
20 | ||||||||
21 | ||||||||
22 | ||||||||
23 | ||||||||
24 | ||||||||
25 | ||||||||
26 | ||||||||
27 | ||||||||
28 | ||||||||
29 | ||||||||
30 |
Mengetahui, Kepala Madrasah | Anjani,............................. Guru Mata Pelajaran |
H. MOH. JAELANI, M.PdI NIY. 98. 98. 0025 |
M. RAMLI MAKSUM, QH.,S.PdI NIY. 98. 001. 0098 |
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN [RPP]
NAMA MADRASAH : MA. MU'ALLIMIN NW ANJANI
MATA PELAJARAN : AL-QUR'AN HADITS
KELAS / SEMESTER : XII [duabelas] / I [ganjil]
ALOKASI WAKTU : 4 JAM PELAJARAN [2X TM ]
PERTEMUAN KE : 11 – 12 [sebelas-dua belas]
Standar Kompetensi : Mampu memperapkan ajaran Al-Qur'an mengenai dakwah, tanggung jawab manusia, kewajiban berlaku adil dan jujur.
Kompetansi Dasar : Menerapkan diri berlaku adil dan jujur
Indikator Hasil Belajar :
Setelah proses pembelajaran diharapkan siswa mampu :
- Membaca ayat dan hadits tentang berlaku adil dan benar
- Menerjemahkan ayat tentang berlaku adil dan benar
- Menuliskan ayat tentang berkalu adil dan benar
- Menyimpulkan ayat dan hadits tentang berlaku adil dan benar
- Memberikan contoh sikap berlaku adil dan benar
- Menguraikan hikmah berlaku adil dan benar
- Tujuan Pembelajaran
Setelah proses pembelajaran peserta didik mampu menerapkan sikap bertanggung jawab, berlaku adil dan jujur terhadap diri, keluarga dan masyarakat.
- Materi Ajar
Tanggung jawab dalam kehidupan social masyarakat
- Berlaku adil dan benar Q. S. al-Maidah: 8-10; Q.S. an-Nahl: 90; Q.San-Nisa: 105
- Hadits tentang berprilaku adil benar dalam berbagai aspek kehidupan
- Allah memerintahkan kepada setiap orang yang beriman agar senantiasa menjadi penegak kebenaran dan menjadi saksi yang adil dan jujur semata-mata karena Allah
- Allah memerintahkan kepada orang-orang yang beiman supaya berbuat adil dalam membeikan kesaksian tanpa melihat latar belakang orang yang berperkara
- Ada tida berkara yang disuruh oleh Allah untuk dikerjakan, yaitu berlaku dil, berbuat kebajikan, dan membantu kerabat. Tiga perkara yang dilarang oleh Allah, yaitu berbuat keji, mungkar dan bermusuhan.
- MetodePembelajaran
TRUE or FALSE ( Benar atau Salah ): metode ini merupakan aktifitas yang dapat mengajak siswa untuk terlibat dalam pelajaran dengan segera. Metode ini menumbuhkan kerjasama tim, berbgi pengethuan dan belajar secara langsung.
- Langkah Pembelajaran
- Kegiatan Awal
1. Mengamati dan mengarahkan sikap siswa agar siap memulai pelajaran
- Mengawali pembelajaran dengan mengucapkan salam dan berdoa
- Melakukan tes penjajakan [pre-tes] dan mengidentifikasi keadaan siswa
4. Mengingatkan pelajaran yang telah diterima dan mengaitkan pada pelajaran baru
- Penjelasan singkat tentang tujuan dan proses pembelajaran yang akan dijalani siswa
- Kegiatan Inti
- buatlah list pertanyaan yang berhubungan pelajaran, separuhnya adalah benar atau separuhnya lagi salah
- tulis masing-masing pertanyaan pada selembar kertas yang berbeda. Pastikan bahwa pertanyaan yang dibuat sesuai dengan jumlah siswa yang ada
- beri setiap siswa kertas kemudian mereka diminta untuk mengidentifikasi mana pernyataan yang benar dan mana pernyataan yang salah. Jelaskan bahwa siswa bebas menggunakan cara apa saja untuk menentukan jawaban.
- jika proses ini selesai, bacalah masing-masing pernyataan dan mintalah jawaban dari kelas apakah pertanyaan itu benar atau salah
- tekankan pada siswa bahwa kerjasama kelompok yang positif akan sangat membantu kelas karena ini adalah metode elajar aktif.
3.Kegiatan Akhir
- Memberikan penegasan dan menyimpulkan materi ajar yang sudah dipelajari
- Memberikan post tes untuk mengetahui hasil pembelajaran
- Memberikan tugas mandiri untuk mendalami materi ajar
5. Alat/Bahan/Sumber Belajar
- Lembar peraga yang berisi peta konsep sesuai materi ajar
- Lembar peraga yang berisi sketsa penerapan konsep sesuai materi
- Buku Ajar / buku paket yang diterbitkan Depag Pusat Jakarta
- Buku referensi sesuai dengan mata perlajaran yang diajarkan
- Lembar Kegiatan Siswa "HIKMAH" Forum Guru Bina PAI.
- Penilaian
- Kognitif [Tes Lisan / Tulis]
- Kognitif [Tes Lisan / Tulis]
No | ITEM SOAL | Bobot | Catatan |
01 | Membaca ayat dan hadits tentang berlaku adil dan benar | 3 | |
02 | Terjemahkan ayat dan hadits tentang berlaku adil dan benar | 4 | |
03 | Menulis ayat dan hadits tentang berlaku adil dan benar | 4 | |
04 | Menyimpulkan isi ayat dan hadits tentang berlaku adil dan benar | 4 | |
05 | Menguraikan dengan cintoh bentuk prilaku adil dan benar | 5 |
- Afektif [ Pengamatan Minat dan Sikap]
No | Nama Siswa | Aspek Penilaian Afektif | Jml Skor | Nilai | Catatan | |||
Respon | Disiplin | Kerja sama | Tuntas Tugas | |||||
01 | ||||||||
02 | ||||||||
03 | ||||||||
04 | ||||||||
05 | ||||||||
06 | ||||||||
07 | ||||||||
08 | ||||||||
09 | ||||||||
10 | ||||||||
11 | ||||||||
12 | ||||||||
13 | ||||||||
14 | ||||||||
15 | ||||||||
16 | ||||||||
27 | ||||||||
28 | ||||||||
29 | ||||||||
20 | ||||||||
21 | ||||||||
22 | ||||||||
23 | ||||||||
24 | ||||||||
25 | ||||||||
26 | ||||||||
27 | ||||||||
28 | ||||||||
29 | ||||||||
30 |
- Psikomotorik [Unjuk Kerja]
No | Nama Siswa | Aspek Penilaian Psikomotorik | Jml Skor | Nilai | Catatan Guru | |||
Penguasaan | Sistematika | Kecakapan | Mutu Karya | |||||
01 | ||||||||
02 | ||||||||
03 | ||||||||
04 | ||||||||
05 | ||||||||
06 | ||||||||
07 | ||||||||
08 | ||||||||
09 | ||||||||
10 | ||||||||
11 | ||||||||
12 | ||||||||
13 | ||||||||
14 | ||||||||
15 | ||||||||
16 | ||||||||
17 | ||||||||
18 | ||||||||
19 | ||||||||
20 | ||||||||
21 | ||||||||
22 | ||||||||
23 | ||||||||
24 | ||||||||
25 | ||||||||
26 | ||||||||
27 | ||||||||
28 | ||||||||
29 | ||||||||
30 |
Mengetahui, Kepala Madrasah | Anjani,............................. Guru Mata Pelajaran |
H. MOH. JAELANI, M.PdI NIY. 98. 98. 0025 |
M. RAMLI MAKSUM, QH.,S.PdI NIY. 98. 001. 0098 |
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN [RPP]
NAMA MADRASAH : MA. MU'ALLIMIN NW ANJANI
MATA PELAJARAN : AL-QUR'AN HADITS
KELAS / SEMESTER : XII [duabelas] / I [ganjil]
ALOKASI WAKTU : 6 JAM PELAJARAN [3X TM ]
PERTEMUAN KE : 13 – 15 [tiga belas-lima belas]
Standar Kompetensi : Mampu memperapkan ajaran Al-Qur'an mengenai dakwah, tanggung jawab manusia, kewajiban berlaku adil dan jujur.
Kompetansi Dasar : Menerapkan diri berlaku adil dan jujur
Indikator Hasil Belajar :
Setelah proses pembelajaran diharapkan siswa mampu :
- Membaca ayat dan hadits jujur dalam perkataan dan perbuatan
- Menerjemahkan ayat dan hadits jujur dalam perkataan dan perbuatan
- Menuliskan ayat dan hadits jujur dalam perkataan dan perbuatan
- Menyimpulkan ayat dan hadits jujur dalam perkataan dan perbuatan
- Memberikan contoh prilaku jujur dalam perkataan dan perbuatan
- Menguraikan hikmah prilaku jujur dalam perkataan dan perbuatan
- Menguraikan hikmah prilaku jujur dalam perkataan dan perbuatan
- Tujuan Pembelajaran
Setelah proses pembelajaran peserta didik mampu menerapkan sikap bertanggung jawab, berlaku adil dan jujur terhadap diri, keluarga dan masyarakat.
- Materi Ajar
Jujur dalam perkataan dan perbuatan
- Al-Qur'an surah an-Nahl : 91-92; Hadits tentang kejujuran
- Island memerintahkan umatnya berlaku adil dalam segala urusanbai dalam mengambil keputusan maupun dalam memikul amanat
- Allah akan menempatkan orang-orang yang berlaku adil ditempat yang sangat mulia di akhir kelak. Sebaikkny orang yang berlaku zalim akan ditempatkan pada tempat yang sangat hina
- Al-Qur'an surah an-Nahl : 91-92; Hadits tentang kejujuran
- MetodePembelajaran
LISTENING TEAMS ( Tim Pendengar ): Metode ini membantu siswa untuk tetap konsistendan terfokus dalam pembelajaran yang menggunakan metode ceramah. Metode ini bertujuan membentuk keompok-kelompok yang mempunyai tugas atau tanggung jawab tertentu berkaitan dengan materi pembelajaran yang diterima siswa.
- Langkah Pembelajaran
1.Kegiatan Awal
1. Mengamati dan mengarahkan sikap siswa agar siap memulai pelajaran
- Mengawali pembelajaran dengan mengucapkan salam dan berdoa
- Melakukan tes penjajakan [pre-tes] dan mengidentifikasi keadaan siswa
- Mengingatkan pelajaran yang telah diterima dan mengaitkan pada pelajaran baru
- Penjelasan singkat tentang tujuan dan proses pembelajaran yang akan dijalani siswa
- Kegiatan Inti
- bagi siswa menjadi empat kelompok, masing-masing kelompok mendapat salah satu dari tugas berikut ini :
- Penaya : bertugas membuat pertanyaan inimal dua berkaitan dengan materi pelajaran yang baru disampaikan.
- Pendukung : bertugas mencari ide-ide yang disetujui atau dipandang berguna dan pelajaran yang baru saja disampaikan dengan memberi alasan [argumen]
- Penentang : brtugas mencari ide-ide yang tidak disetujui dan dipandang tidak berguna dari peljarang yang baru daja disampaikan dengan memberi alasan [kenapa]
- Pemberi contoh : bertugas memberi cotoh spesifik atau penerapan dari materi yang disampaikan pendidik
- sampaikan pelajaran dengan metode ceramah,setelah selesai, beri kesempatan kepada masing-masing kelompok untuk menyelesaikan tugas masing-masing
- minta masing-masing kelompok untuk menyampaikan hsil dari tugas yang diselesaikan
- berikan ulasan dan penilaian secukupnya tarhadap apa yang sudah diperankan siswa
- Kegiatan Akhir
- Memberikan penegasan dan menyimpulkan materi ajar yang sudah dipelajari
- Memberikan post tes untuk mengetahui hasil pembelajaran
- Memberikan tugas mandiri untuk mendalami materi ajar
5. Alat/Bahan/Sumber Belajar
a. Lembar peraga yang berisi peta konsep sesuai materi ajar
- Lembar peraga yang berisi sketsa penerapan konsep sesuai materi
- Buku Ajar / buku paket yang diterbitkan Depag Pusat Jakarta
- Buku referensi sesuai dengan mata perlajaran yang diajarkan
- Lembar Kegiatan Siswa "HIKMAH" Forum Guru Bina PAI.
- Penilaian
- Kognitif [Tes Lisan / Tulis]
- Kognitif [Tes Lisan / Tulis]
No | ITEM SOAL | Bobot | Catatan |
01 | Baca ayat dan hadits tentang berperilaku jujur | 3 | |
02 | Terjemahkan ayat dan hadits tentang perperilaku jujur | 4 | |
03 | Simpulkan isi ayat dan hadits tentang berperilaku jujur | 4 | |
04 | Berikan contoh berperilaku jujur dalam perkataan dan perbuatan | 4 | |
05 | Uraikan hikmah berperilaku jujur dalam kehidupan nyata | 5 |
- Afektif [ Pengamatan Minat dan Sikap]
No | Nama Siswa | Aspek Penilaian Afektif | Jml Skor | Nilai | Catatan | |||
Respon | Disiplin | Kerja sama | Tuntas Tugas | |||||
01 | ||||||||
02 | ||||||||
03 | ||||||||
04 | ||||||||
05 | ||||||||
06 | ||||||||
07 | ||||||||
08 | ||||||||
09 | ||||||||
10 | ||||||||
11 | ||||||||
12 | ||||||||
13 | ||||||||
14 | ||||||||
15 | ||||||||
16 | ||||||||
27 | ||||||||
28 | ||||||||
29 | ||||||||
20 | ||||||||
21 | ||||||||
22 | ||||||||
23 | ||||||||
24 | ||||||||
25 | ||||||||
26 | ||||||||
27 | ||||||||
28 | ||||||||
29 | ||||||||
30 |
- Psikomotorik [Unjuk Kerja]
No | Nama Siswa | Aspek Penilaian Psikomotorik | Jml Skor | Nilai | Catatan Guru | |||
Penguasaan | Sistematika | Kecakapan | Mutu Karya | |||||
01 | ||||||||
02 | ||||||||
03 | ||||||||
04 | ||||||||
05 | ||||||||
06 | ||||||||
07 | ||||||||
08 | ||||||||
09 | ||||||||
10 | ||||||||
11 | ||||||||
12 | ||||||||
13 | ||||||||
14 | ||||||||
15 | ||||||||
16 | ||||||||
17 | ||||||||
18 | ||||||||
19 | ||||||||
20 | ||||||||
21 | ||||||||
22 | ||||||||
23 | ||||||||
24 | ||||||||
25 | ||||||||
26 | ||||||||
27 | ||||||||
28 | ||||||||
29 | ||||||||
30 |
Mengetahui, Kepala Madrasah | Anjani,............................. Guru Mata Pelajaran |
H. MOH. JAELANI, M.PdI NIY. 98. 98. 0025 |
M. RAMLI MAKSUM, QH.,S.PdI NIY. 98. 001. 0098 |
SILABUS PEMBELAJARAN
NAMA MADRASAH : MA. MU'ALLIMIN NW ANJANI
MATA PELAJARAN : AL-QUR'AN HADITS
KELAS / SEMESTER : Xii [duabelas] / I [Ganjil]
ALOKASI WAKTU : 4 JAM PELAJARAN [2 X TM ]
NO | ASPEK SILABUS | DISKRIPSI ISI SILABUS |
A | Standar Kompetensi | Mampu memerapkan ajaran Al-Qur'an mengenai dakwah, tanggung jawab manusia, kewajiban berlaku adil dan jujur. |
B | Kompetensi Dasar | Menganalisis hukum dan metode dakwah. |
C | Indikator Hasil Belajar | Setelah proses pembelajaran diharapkan siswa mampu:
|
D | Tujuan Pembelajaran | Setelah proses pembelajaran peserta didik mampu mengenal kewajiban berdakwah |
E | Materi Pokok | Awal perintah dakwah kepada Nabi SAW. Al-Qur'an surah.Asy-Syu'ara: 214-216;Q.S.al-Hijr: 94-96 |
F | Metode Pembelajaran | ASSESSEARCH ( Mencari Kesan ) |
G | Sumber Belajar, Bahan dan Alat |
|
H | Penilaian | Kognitif, Afektif dan Psikomotorik |
Mengetahui, Kepala Madrasah | Anjani,............................. Guru Mata Pelajaran |
H. MOH. JAELANI, M.PdI NIY. 98. 98. 0025 |
M. RAMLI MAKSUM, QH.,S.PdI NIY. 98. 001. 0098 |
SILABUS PEMBELAJARAN
NAMA MADRASAH : MA. MU'ALLIMIN NW ANJANI
MATA PELAJARAN : AL-QUR'AN HADITS
KELAS / SEMESTER : Xii [sebelas] / I [Ganjil]
ALOKASI WAKTU : 4 JAM PELAJARAN [2 X TM ]
NO | ASPEK SILABUS | DISKRIPSI ISI SILABUS |
A | Standar Kompetensi | Mampu memperapkan ajaran Al-Qur'an mengenai dakwah, tanggung jawab manusia, kewajiban berlaku adil dan jujur. |
B | Kompetensi Dasar | Menganalisis hukum dan metode dakwah. |
C | Indikator Hasil Belajar | Setelah proses pembelajaran diharapkan siswa mampu:
|
D | Tujuan Pembelajaran | Setelah proses pembelajaran peserta didik mampu mengenal kewajiban berdakwah |
E | Materi Pokok | Menyampaikan dakwah dengan lemah lembut Al-Qur'an surah Ali-Imran :159-160; hadits tentang perintah dakwah |
F | Metode Pembelajaran | CRITICAL INCIDENT ( Pengalaman Penting ) |
G | Sumber Belajar, Bahan dan Alat |
|
H | Penilaian | Kognitif, Afektif dan Psikomotorik |
Mengetahui, Kepala Madrasah | Anjani,............................. Guru Mata Pelajaran |
H. MOH. JAELANI, M.PdI NIY. 98. 98. 0025 |
M. RAMLI MAKSUM, QH.,S.PdI NIY. 98. 001. 0098 |
SILABUS PEMBELAJARAN
NAMA MADRASAH : MA. MU'ALLIMIN NW ANJANI
MATA PELAJARAN : AL-QUR'AN HADITS
KELAS / SEMESTER : Xii [sebelas] / I [Ganjil]
ALOKASI WAKTU : 6 JAM PELAJARAN [3 X TM ]
NO | ASPEK SILABUS | DISKRIPSI ISI SILABUS |
A | Standar Kompetensi | Mampu memperapkan ajaran Al-Qur'an mengenai dakwah, tanggung jawab manusia, kewajiban berlaku adil dan jujur. |
B | Kompetensi Dasar | Menerapkan sikap bertanggung jawab terhadap diri, keluarga dan masyarakat |
C | Indikator Hasil Belajar | Setelah proses pembelajaran diharapkan siswa mampu:
|
D | Tujuan Pembelajaran | Setelah proses pembelajaran peserta didik mampu menerapkan sikap bertanggung jawab, berlaku adil dan jujur terhadap diri, keluarga dan masyarakat. |
E | Materi Pokok | Kewajiban terhadap diri dan keluarga Al-Qur'an surat at-Tahrim : 6; .Q.S Thaha:132; Hadits tentang tanggung jawab manusia |
F | Metode Pembelajaran | QUESTIONS STUDENTS HAVE ( Pertanyaan Siswa ) |
G | Sumber Belajar, Bahan dan Alat |
|
H | Penilaian | Kognitif, Afektif dan Psikomotorik |
Mengetahui, Kepala Madrasah | Anjani,............................. Guru Mata Pelajaran |
H. MOH. JAELANI, M.PdI NIY. 98. 98. 0025 |
M. RAMLI MAKSUM, QH.,S.PdI NIY. 98. 001. 0098 |
SILABUS PEMBELAJARAN
NAMA MADRASAH : MA. MU'ALLIMIN NW ANJANI
MATA PELAJARAN : AL-QUR'AN HADITS
KELAS / SEMESTER : Xii [sebelas] / I [Ganjil]
ALOKASI WAKTU : 6 JAM PELAJARAN [3 X TM ]
NO | ASPEK SILABUS | DISKRIPSI ISI SILABUS |
A | Standar Kompetensi | Mampu memperapkan ajaran Al-Qur'an mengenai dakwah, tanggung jawab manusia, kewajiban berlaku adil dan jujur. |
B | Kompetensi Dasar | Menerapkan sikap bertanggung jawab terhadap diri, keluarga dan masyarakat |
C | Indikator Hasil Belajar | Setelah proses pembelajaran diharapkan siswa mampu:
|
D | Tujuan Pembelajaran | Setelah proses pembelajaran peserta didik mampu menerapkan sikap bertanggung jawab, berlaku adil dan jujur terhadap diri, keluarga dan masyarakat. |
E | Materi Pokok | Tanggung jawab dalam kehidupan social masyarakat Al-Qeu'an surah al-an-am: 70; Q.S an-Nisa:36; Q.S Hud: 117-119 |
F | Metode Pembelajaran | ACTIVE KNOWLEDGE SHARING ( Saling Tukar Penetahuan ) |
G | Sumber Belajar, Bahan dan Alat |
|
H | Penilaian | Kognitif, Afektif dan Psikomotorik |
Mengetahui, Kepala Madrasah | Anjani,............................. Guru Mata Pelajaran |
H. MOH. JAELANI, M.PdI NIY. 98. 98. 0025 |
M. RAMLI MAKSUM, QH.,S.PdI NIY. 98. 001. 0098 |
SILABUS PEMBELAJARAN
NAMA MADRASAH : MA. MU'ALLIMIN NW ANJANI
MATA PELAJARAN : AL-QUR'AN HADITS
KELAS / SEMESTER : Xii [sebelas] / I [Ganjil]
ALOKASI WAKTU : 4 JAM PELAJARAN [2 X TM ]
NO | ASPEK SILABUS | DISKRIPSI ISI SILABUS |
A | Standar Kompetensi | Mampu memperapkan ajaran Al-Qur'an mengenai dakwah, tanggung jawab manusia, kewajiban berlaku adil dan jujur. |
B | Kompetensi Dasar | Menerapkan diri berlaku adil dan jujur |
C | Indikator Hasil Belajar | Setelah proses pembelajaran diharapkan siswa mampu:
|
D | Tujuan Pembelajaran | Setelah proses pembelajaran peserta didik mampu menerapkan sikap bertanggung jawab, berlaku adil dan jujur terhadap diri, keluarga dan masyarakat. |
E | Materi Pokok | Berlaku adil dan benar Q. S. al-Maidah: 8-10; Q.S. an-Nahl: 90; Q.San-Nisa: 105; Hadits tentang berperilaku adil dan benar |
F | Metode Pembelajaran | TRUE or FALSE ( Benar atau Salah ) |
G | Sumber Belajar, Bahan dan Alat |
|
H | Penilaian | Kognitif, Afektif dan Psikomotorik |
Mengetahui, Kepala Madrasah | Anjani,............................. Guru Mata Pelajaran |
H. MOH. JAELANI, M.PdI NIY. 98. 98. 0025 |
M. RAMLI MAKSUM, QH.,S.PdI NIY. 98. 001. 0098 |
SILABUS PEMBELAJARAN
NAMA MADRASAH : MA. MU'ALLIMIN NW ANJANI
MATA PELAJARAN : AL-QUR'AN HADITS
KELAS / SEMESTER : Xii [sebelas] / I [Ganjil]
ALOKASI WAKTU : 6 JAM PELAJARAN [3 X TM ]
NO | ASPEK SILABUS | DISKRIPSI ISI SILABUS |
A | Standar Kompetensi | Mampu memperapkan ajaran Al-Qur'an mengenai dakwah, tanggung jawab manusia, kewajiban berlaku adil dan jujur. |
B | Kompetensi Dasar | Menerapkan diri berlaku adil dan jujur |
C | Indikator Hasil Belajar | Setelah proses pembelajaran diharapkan siswa mampu:
|
D | Tujuan Pembelajaran | Setelah proses pembelajaran peserta didik mampu menerapkan sikap bertanggung jawab, berlaku adil dan jujur terhadap diri, keluarga dan masyarakat. |
E | Materi Pokok | Jujur dalam perkataan dan perbuatan Al-Qur'an surah an-Nahl : 91-92; Hadits tentang kejujuran |
F | Metode Pembelajaran | LISTENING TEAMS ( Tim Pendengar ) |
G | Sumber Belajar, Bahan dan Alat |
|
H | Penilaian | Kognitif, Afektif dan Psikomotorik |
Mengetahui, Kepala Madrasah | Anjani,............................. Guru Mata Pelajaran |
H. MOH. JAELANI, M.PdI NIY. 98. 98. 0025 |
M. RAMLI MAKSUM, QH.,S.PdI NIY. 98. 001. 0098 |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar