PROGRAM TAHUNAN
Mata Pelajaran :
Al-Qur’an Hadis
Satuan Pendidikan
:
MA. MU’ALLIMIN NW ANJANI
Kelas / Program :
XI ( sebelas )
Tahun Pelajaran :
Genap / 2008-2009
SEMESTER
|
POKOK BAHASAN
|
ALOKASI WAKTU
|
KETERANGAN
|
G
E
N
A
p
|
1.
Tidak
berlebih-lebihan
2.
Pemborosan
adalah kawan syaithan.
3.
Larangan
Kikir
4.
Akibat
bagi orang kikir
5.
Takwa
kepada Allah
6.
Balasan bagi orang beriman dan beramal
shaleh
7.
Ulangan
Umum
8.
Ulangan
Harian
9.
Cadangan
|
4
Jam Pel
6
Jam Pel
8
Jam Pel
4
Jam Pel
4
Jam Pel
4
Jam Pel
2
Jam Pel
2
Jam Pel
2
Jam Pel
|
|
Mengetahui,
Kepala Madrasah
|
Anjani,.............................
Guru Mata Pelajaran
|
H. MOH. JAELANI, M.PdI
NIY. 98. 98. 0025
|
M. MU’ALLIM NADLARI,
S.Ag
NIY. 98. 98. 0052
|
ANALISIS
PROGRAM SEMESTER
Nama
Kelas : MA. MU’ALLIMIN NW ANJANI
Mata pelajaran : AL-Qur’an Hadits
Kelas
/ Program : XI [
SEBELAS]
Semester
/ Tahun Pelajaran : Ganjil / 2008 –
2009
I.
JUMLAH JAM
PELAJARAN PER MINGGU
Jumlah jam pelajaran perminggu = 2 jam pelajaran per
minggu
II.
PERHITUNGAN
ALOKASI WAKTU
1.
Rincian Minggu
Dalam Semester
NO
|
BULAN
|
JUMLAH MINGGU
|
KETERANGAN
|
1
|
Januari
|
4 Jam Pel
|
|
2
|
Pebruari
|
4 Jam Pel
|
|
3
|
Maret
|
5 Jam Pel
|
|
4
|
April
|
4 Jam Pel
|
|
5
|
Mei
|
4 Jam Pel
|
|
6
|
Juni
|
4 Jam Pel
|
|
|
|
|
|
Jumlah
|
25 Minggu
|
|
2.
Banyak Minggu Yang
Tidak Efektif
NO
|
BULAN
|
JUMLAH MINGGU
|
KETERANGAN
|
1
|
Juli
|
2 Minggu
|
|
2
|
Aagustus
|
-
|
|
3
|
September
|
1 Minggu
|
|
4
|
November
|
-
|
|
5
|
Desember
|
-
|
|
6
|
Januari
|
-
|
|
|
|
|
|
Jumlah
|
3 Minggu
|
|
3.
Jumlah minggu yang
efektip : 20 minggu
4.
Jumlah jam efektif
: 22 X 2 JP = 42 JP
5.
Jumlah bahan
pelajaran
a.
jumlah pokokl
bahasan : 6 pokok bahasan
b.
jumlah sub pokok
bahasan : di sesuaikan
6.
Jenggunaan waktu
efektif :
a. untuk tatap muka : 15
minggu X 2 = 30 JP
b. untuk ulangan harian : 3
minggu X 2 = 6 JP
c. untuk ulangan umum : 2
munggu X 2 = 4 JP
d.
Untuk cadangan : 2
munggu X 2 = 4 JP
Mengetahui,
Kepala Madrasah
|
Anjani,.............................
Guru Mata Pelajaran
|
H. MOH. JAELANI, M.PdI
NIY. 98. 98. 0025
|
M. MU’ALLIM NADLARI,
S.Ag
NIY. 98. 98. 0052
|
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN [RPP]
NAMA MADRASAH :
MA. MU’ALLIMIN NW ANJANI
MATA PELAJARAN :
AL-QUR’AN HADITS
KELAS / SEMESTER : XI [sebelas] / II [genap]
ALOKASI
WAKTU : 6 JAM PELAJARAN
[3 X TM ]
PERTEMUAN
KE : 1 – 2 [satu – dua]
Standar Kompetensi :
Mampu menerapkan ajaran Al-Qur’an
dan hadis tentang pola hidup sederhana, pokok-pokok kebajikan dan amar ma’ruf
nahi mungkar dan menerapkannya dalam kehidupan sehari hari
Kompetansi Dasar :
Menerapkan ajaran Al-Qur’an dan
Hadis tentang pola hidup sederhana
Indikator Hasil Belajar :
Setelah
proses pembelajaran diharapkan siswa mampu :
·
Membaca ayat dan hadis tentang pola hidup sederhana dengan fasih
·
Menyalin ayat dan hadis tentang pola hidup sederhana dengan benar
·
Menerjemahkan ayat dan hadis
pola hidup sederhana dengan benar
·
Mengkaji kandungan ayat dan
hadis pola hidup sederhana
·
Menunjukkan sikap yang tidak
berlebih-lebihan dalam kehidupan sehari-hari
1.
Tujuan
Pembelajaran
Setelah proses pembelajaran peserta didik mampu menerapkan ajaran Al-Qur’an dan Hadis tentang pola
hidup sederhana
2.
Meteri Ajar
Tidak berlebih-lebihan. Q.S Al-Qashas :70-82; Hasis tentang
pola hidup sederhana : orang –orang yang tadinya menghendaki kaya raya seperti Qarun setelah
menyaksikan siksa yang dialami Qarun akhirnya timbul kesadaran bahwa Allah yang
melapangkan rizki seseorang yang menyempitkannyabagi siapa yang dikehendaki-Nya
.berpakaian yang indah dan makan makanan lezat dan bergizi adalah kenikmatan
dan karunia Allah bagi orang-orang mukmin. Sedang kenikmatan di akhir kelak
hanya akan dirasakan oleh orang-orangmukmin saja secara hkusus
3.
MetodePembelajaran
Prediction Guide ( Tebak Isi ): Metode ini digunakan untuk
melibatkan siswa di dalam prosses pembelajaran secara aktif dari awal sampai
akhir. Dengan metode ini siswa diharapkan dapat terlihat dalam pembelajaran
semenjak awal pertemuan dan tetap
mempunnyai perhatian ketika pendidik menyampaikan materi . sedangkan kenikmatan
diakhir kelak hanya akan dirasakan oleh orang-orang mukmin saja secara khusus
4.
Langkah
Pembelajaran
1.
Kegiatan
Awal
a.
Mengamati dan mengarahkan sikap siswa agar siap memulai pelajaran
b.
Mengawali pembelajaran dengan mengucapkan salam dan berdoa
c.
Melakukan tes penjajakan [pre-tes] dan mengidentifikasi keadaan siswa
d.
Mengingatkan pelajaran yang telah diterima dan mengaitkan pada pelajaran
baru
e.
Penjelasan singkat tentang tujuan dan proses pembelajaran yang akan
dijalani siswa
2.
Kegiatan
Inti
1.
Temukan topik yang akan diselesaikan, lalu bagi siswa
kedalam kelompok-kelompok kecil
2.
Pendidikmeminta
siswa untuk menebak apa-apa saja yang kira-kira akan mereka dapatkan dalam
pembelajaran dan sampaikan pelajaran secara interaktif
3.
selama proses
pembelajaran, siswa diminta untuk mengidentifikasi prediksi mereka yang sesuai
dengan materi yang disampaikan pendidik
4.
meminta siswa
untuk menyampaikan prediksi yang sesuai dengan materi yang dipelajari
5.
di akhir pembelajaran, tanyakan beberapa prediksi mereka yang mengena
3.
Kegiatan
Akhir
a.
Memberikan penegasan dan menyimpulkan materi ajar yang sudah dipelajari
b.
Memberikan post
tes untuk mengetahui hasil pembelajaran
c.
Memberikan tugas
mandiri untuk mendalami materi ajar
5.
Alat/Bahan/Sumber
Belajar
a.
Lembar peraga yang
berisi peta konsep sesuai materi ajar
b.
Lembar peraga yang berisi sketsa penerapan konsep sesuai materi
c.
Buku Ajar / buku paket yang diterbitkan Depag Pusat Jakarta
d.
Buku referensi sesuai dengan mata perlajaran yang diajarkan
e.
Lembar Kegiatan Siswa “HIKMAH” Forum Guru Bina PAI.
6.
Penilaian
a.
Kognitif [Tes
Lisan / Tulis]
No
|
ITEM SOAL
|
Bobot
|
Catatan
|
01
|
Tuliskan ayat dan hadis tentang sikap tidak berlebi-lebihan !
|
3
|
|
02
|
Terjemahkan ayat dan hadis tentang sikap tidak berlebihan!
|
4
|
|
Simpulkan ayat dan hadis tentang
sikap tidak berlebih-lebihan
|
4
|
|
|
04
|
Jelaskan bagaimana cara bersikap
hidup tidak berlebih-lebihan
|
4
|
|
05
|
Tuliskan cintoh sikap tidak
berlebih-lebihan bagi siswa!
|
5
|
|
b.
Afektif [ Pengamatan Minat dan Sikap]
No
|
Nama Siswa
|
Aspek Penilaian Afektif
|
Jml
Skor
|
Nilai
|
Catatan
|
|||
Respon
|
Disiplin
|
Kerja
sama
|
Tuntas Tugas
|
|||||
01
|
|
|
|
|
|
|
|
|
02
|
|
|
|
|
|
|
|
|
03
|
|
|
|
|
|
|
|
|
04
|
|
|
|
|
|
|
|
|
05
|
|
|
|
|
|
|
|
|
06
|
|
|
|
|
|
|
|
|
07
|
|
|
|
|
|
|
|
|
08
|
|
|
|
|
|
|
|
|
09
|
|
|
|
|
|
|
|
|
10
|
|
|
|
|
|
|
|
|
11
|
|
|
|
|
|
|
|
|
12
|
|
|
|
|
|
|
|
|
13
|
|
|
|
|
|
|
|
|
14
|
|
|
|
|
|
|
|
|
15
|
|
|
|
|
|
|
|
|
16
|
|
|
|
|
|
|
|
|
27
|
|
|
|
|
|
|
|
|
28
|
|
|
|
|
|
|
|
|
29
|
|
|
|
|
|
|
|
|
20
|
|
|
|
|
|
|
|
|
21
|
|
|
|
|
|
|
|
|
22
|
|
|
|
|
|
|
|
|
23
|
|
|
|
|
|
|
|
|
24
|
|
|
|
|
|
|
|
|
25
|
|
|
|
|
|
|
|
|
26
|
|
|
|
|
|
|
|
|
27
|
|
|
|
|
|
|
|
|
28
|
|
|
|
|
|
|
|
|
29
|
|
|
|
|
|
|
|
|
30
|
|
|
|
|
|
|
|
|
c.
Psikomotorik
[Unjuk Kerja]
No
|
Nama Siswa
|
Aspek Penilaian Psikomotorik
|
Jml
Skor
|
Nilai
|
Catatan
Guru
|
|||
Penguasaan
|
Sistema
tika
|
Kecakapan
|
Mutu Karya
|
|||||
01
|
|
|
|
|
|
|
|
|
02
|
|
|
|
|
|
|
|
|
03
|
|
|
|
|
|
|
|
|
04
|
|
|
|
|
|
|
|
|
05
|
|
|
|
|
|
|
|
|
06
|
|
|
|
|
|
|
|
|
07
|
|
|
|
|
|
|
|
|
08
|
|
|
|
|
|
|
|
|
09
|
|
|
|
|
|
|
|
|
10
|
|
|
|
|
|
|
|
|
11
|
|
|
|
|
|
|
|
|
12
|
|
|
|
|
|
|
|
|
13
|
|
|
|
|
|
|
|
|
14
|
|
|
|
|
|
|
|
|
15
|
|
|
|
|
|
|
|
|
16
|
|
|
|
|
|
|
|
|
17
|
|
|
|
|
|
|
|
|
18
|
|
|
|
|
|
|
|
|
19
|
|
|
|
|
|
|
|
|
20
|
|
|
|
|
|
|
|
|
21
|
|
|
|
|
|
|
|
|
22
|
|
|
|
|
|
|
|
|
23
|
|
|
|
|
|
|
|
|
24
|
|
|
|
|
|
|
|
|
25
|
|
|
|
|
|
|
|
|
26
|
|
|
|
|
|
|
|
|
27
|
|
|
|
|
|
|
|
|
28
|
|
|
|
|
|
|
|
|
29
|
|
|
|
|
|
|
|
|
30
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Mengetahui,
Kepala Madrasah
|
Anjani,.............................
Guru Mata Pelajaran
|
H. MOH. JAELANI, M.PdI
NIY. 98. 98. 0025
|
M. MU’ALLIM NADLARI,
S.Ag
NIY. 98. 98. 0052
|
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN [RPP]
NAMA MADRASAH :
MA. MU’ALLIMIN NW ANJANI
MATA PELAJARAN :
AL-QUR’AN HADITS
KELAS / SEMESTER : XI [sebelas] / II[genap]
ALOKASI
WAKTU : 4 JAM
PELAJARAN [2 X TM ]
PERTEMUAN
KE : 3 - 5 [tiga
– lima]
Standar Kompetensi :
Mampu menerapkan ajaran Al-Qur’an
dan hadis tentang pola hidup sederhana, pokok-pokok kebajikan dan amar ma’ruf
nahi mungkar dan menerapkannya dalam kehidupan sehari hari
Kompetansi Dasar :
Menerapkan Al-Qur’an dan Hadits
sebagai sumber nilai dan pemikiran tentang kebesaran dan kekuasaan Allah.
Indikator Hasil Belajar :
Setelah proses pembelajaran
diharapkan siswa mampu:
·
Membaca ayat
tentang larangan hidup boros dengan fasih
·
Menulis ayat tentang larangan hidup boros dengan benar
·
Menerjemahkan ayat tentang laranga hidup boros dengan benar
·
Menimpulkan kandungan ayat tentang larangan hidup boros
Maju trus ma muallimin nw anjani
BalasHapusKalo bisa di upload ustd" ma muallimin